Generasi Alpha

Generasi Alpha (Gen A) merupakan anak yang lahir setelah 2010, mungkin sekarang usia mereka berkisar 4-5 tahun. generasi alpha mempunyai orang tua yang sudah menguasai teknologi. dan itu berakibat pada generasi alpha tersebut untuk melek teknologi lebih awal. seperti saat usia mereka masih anak-anak mereka sudah dibekali gadget oleh orang tua mereka.

Mark McCrinddle menulis di Business Insider, gen A adalah generasi yang paling akrab dengan internet sepanjang masa.

“Dulu, ‘kicauan’ (tweet) berarti adalah kicauan burung. Dan tablet terbuat dari batu,” kata Mark McCrindle.

Tantangan

Dengan usia mereka yang masih 4-5 tahun dan sudah akrab dengan internet, bagi kalangan pendidik itu merupakan suatu tantangan, sekaligus peluang dan juga ancaman. kenapa? karena dengan banyaknya dampak positif dari internet, itu berbanding lurus dengan dampak negatif pula. sehingga jika tidak ada batasan akses mereka terhadap internet maka mereka bisa terjebak kedalam dampak negatif internet. selain itu budaya indonesia masih menjunjung tinggi tradisi silaturahmi atau jika kita mengutip kata-kata aristoteles bahwa manusia itu “zoon politicon” bahwa manusia itu makhluk sosial dimana interaksi sosial itu perlu. lalu siapa yang berperan untuk menangani hal tersebut? menurut saya ada 3 peran untuk membimbing generasi alpha supaya bisa memanfaatkan internet positif tanpa harus mengasingkan mereka dari lingkungan sosial dan dampak negatif dari adanya internet. 3 peran itu meliputi Keluarga, Sekolah dan Pemerintah.

Keluarga

keluarga berperan dalam pendidikan karakter anak, berperan dalam ranah afeksi anak. seperti yang dikatakan bapak kita, ki hajar dewantara bahwa pendidikan yang pertama itu dimulai dari keluarga. keluarga adalah faktor pertama dan utama yang membentuk karakter anak.

Sekolah/Perguruan Tinggi

sekolah berperan untuk mengenalkan teknologi kepada siswanya sekaligus juga menyampaikan dampak positif dan negatif dari internet. sekolah berperan dalam mengenalkan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi.
Namun peran sekolah juga tidak hanya pada ranah kognitif saja, melainkan juga berperan dalam ranah afektif karena pendidik yang ada disekolah merupakan orang tua kedua dari siswa.

Pemerintah

Pemerintah bereran dalam penanganan keamana dari internet dalam memblokir situs-situs negatif